December 27, 2016

3 Macam Tes Kerja Yang Sering di Lakukan Perusahaan

Pernahkah kalian mengikuti Tes Kerja? Kalau saya sih sudah pernah dan apa saja Tahap – Tahap Tesnya hingga sampai Selesai yang di lakukan perusahaan, Mungkin untuk beberapa orang sudah tau dan sudah pernah mengalaminya, Tapi bagi yang baru Lulus dan baru pertama kalinya mengikuti Tes Kerja Pasti bertanya – Tanya, Apa saja sih Tes Kerja? Kalo interview apa saja yang di tanya? Susah tidak sih Tesnya? Karena akan saya beritahu.

Tes Kerja yang di Lakukan Perusahaan


Tes yang di lakukan Perusahaan untuk mengrecruitment Karyawan barunya, sangatlah berbeda – beda dari setiap Perusahaan yang Melaksanakannya. Tapi inilah Tes yang pasti ada di semua pabrik yang menggunakannya dari beberapa tes, Yang akan saya sebutkan dengan detail. Mohon di baca dengan seksama agar kalian mengerti. Apa yang saya tulis di website ini.

1. Psikotes


Apa itu Psikotes? Psikotes adalah Tes Kemampuan Berfikir kita, Maka menurut para Psikolog disinilah kemampuan manusia bisa di uji dengan menjawab Tes yang di berikan oleh pengetes yang berada di lokasi Tes. Walaupun sebenarnya kelakuan dan sifat manusia tidak bisa di Prediksi 100% melalui Tes ini.

Lalu apa saja yang ada di Tes Psikotes yang dilakukan Perusahaan dan apa saja soalnya dan bagaimana menjawabnya. Di bawah ini akan saya ulas beberapa macam Tes yang di Lakukan untuk mencari perkerja yang baik menurut HRD yang mengetes.

  • Krapelin

Krapelin adalah Hitung - hitungan Tambah - Tambahan yang hanya angka belakangnya saja yang di gunakan dengan contoh misalkan : 8 + 7 = 15 Maka kita isi 5 jadi yang di pakai dari hanya angka belakangnya begitu pun angka lainnya.

  • Tes Gambar

Tes Gambar adalah Tes yang menggunakan Simbol yang akan menjadi beberapa benda yang ada di sekitar kita. Jadi kita harus berimajinasi gambar itu akan menjai seperti apa. contoh kalau kalian membuat Simbol Titik ( . ) Kalau imajenasi kalian jalan maka akan bisa menjadi sesuatu benda. contoh seperti gambar di bawah ini. dengan Simbol Titik ( . ) saya akan membuat sebuah Jam.
begitu pun juga beberapa simbol yang lainnya, di sini kalian harus berfikir. simbol apa dan akan menjadi apa.

  • Soal Cerita Matetatika

Soal Matematika yang menurut saya tidak terlalu sulit, Apalagi bagi kalian yang Pintar berhitung. soal ini bukan masalah yang terbesar saat mengadapi soal ini. Terus contoh soal ini seperti apa sih. akan saya berikan conoh soalnya. lihat di bwah ini :

" Budi Mempunyai uang Rp.30.000 Lalu budi membelikan Pulsa yang berharga Rp.20.000 dan di belikan lagi Pulpen dan Penghapus, dengan harga Rp.8.000. Berapakah sisa Uang budi saat ini ? Jawabannya adalah : Rp.2.000 "

Soal yang mudah bukan, ini masih Terlihat mudah, Tetapi kalau kalian sudah melihat soal yang di berikan Pengetes Angka yang ada di Soal bisa mencapai. Ratusan, Ribuan bahkan Jutaan.

2. Medical Check Up


Medical Check Up adalah untuk mengetes Seluruh Kesehatan yang ada di Badan kita. inilah salah satu Cara untuk Perusahaan memperkerjakan Karyawan barunya. Karena Perusahaan mencari yang benar - benar. Sehat Jasmani dan Rohani.

  • Tes Tinggi dan Berat Badan

 Tes Tinggi dan Berat Badan adalah salah satu Kriteria Perusahaan. Agar Karyawannya terlihat Propesional dan enak di pandang mata. Biasanya hanya Perusahaan Besar dan Bonafit yang melakukan Sistem ini. dan Tidak semua Perusahaan yang mnggunakan Sistem seperti ini. " Jadi yang pendek atau Kurus Jangan Berkecil Hati dan Takut tidak akan bisa kerja " saya sendiri Tinggi saya 165 cm dan Berat Badan 46 kg. berat yang tidak Proposional.

  •  Tes Darah dan Tes Air Kencing

Tes Darah dan Tes Air Kencing adalah untuk Mengetahui Kesehatan Kalian, Dari darah juga Penyakit yang kalian derita bisa terdeteksi. Apalagi Buat yang sudah pernah menggunakan Narkoba. Pasti terdeteksi dengan melakukan Tes Darah. selain itu juga kadar Gula dan Riwayat Penyakit lainnya bisa terlihat.

  • Tes Buta Warna

Tes Buta Warna Adalah Tes yang mengandalkan Pengelihat. Karena Pengelihatan untuk berkerja sangat di butuhkan. biasanya Tes buta warna di Lakukan Melihat sebuah angka atau Huruf yang berjarang -+ 5 Meter. dan Tes Angka Berwarna yang kita akan di suruh melihat dan menjawabnya. Tapi tenang Masih banyak kok. Perusahaan yang tidak menggunakan Medical Check Up Jadi Tetap Berdoa dan Semangat.

  • Tes Rongen Paru - Paru

Tes Rongen Paru - Paru Ini untuk menentukan apakah Paru - Paru kalian sehat atau Tidaknya. Tes ini yang sangat di takuti buat Para Perokok Aktif. Buat Perokok Aktif jangan kuatir Karna banyak Metode agar Tes Lulus Medical Buat Para Perokok. Lihat di Artikel saya sebelumnya sudah Pernah di bahas.

3. Wawancara / Interview


Tes Wawancara adalah Tes yang Mempertanyakan Riwayat hidup dan Kebiasaan kita sehari - Hari apa saja yang kita Lakukan. selama berkerja atau yang nganggur karna lagi mencari Perkerjaan. Wawancara juga ada 2 Jenis Ada Wawancara HRD dan Wawancara User.

  • Wawancara Hrd

Wawancara Hrd biasanya mempertanyakan Tentang Hidup kita, Pengalaman Kerja Kita, Kemampuan Kita dan masih banyak lagi. Tes ini biasanya Tes yang Terakhit buat Para Peserta dan selangkah Lagi menuju Kerjaan Barunya. dan Apa saja yang biasa di Tanyakan Kepada kita lihat di bawah ini :

  1. Sudah pernah berkerja di mana saja dan Ceritakan?
  2. Mau Gaji Berapa Juta?
  3. Untuk Apa anda Berkerja?
  4. Berapa banyak saudara anda dan Sebutkan?
  5. Apabila di tempatkan di luar Kota apakah anda siap?
  6. Apakah anda seorang Perokok?

Dan masih banyak lagi Pertanyaan yang di Lontarkan Oleh Hrd yang Mengetest kalian, Saya sarankan Jawab dengan Jujur dan tidak ada Bohong. sedikit pun.

  • Wawancara User

Wawancara User Juga sama seperti Wawancara Hrd. Cuma kalau Wawancara User yang mngetest Kita adalah Bos atau orang Petinggi yang mempunyai Perusahaan Tersebut. dan biasanya yang bertanya kepada kita ada 3 Orang. yang akan membuat kita Pusing dan Bingung saat mereka membuat pertanyaan. dan pertanyaan pun masih sama Seperti Pertanyaan Wawancara Hrd. siapkan mental dan Rileks saat di Tanya dan Jawablah apa adanya.

mungkin hanya itu yang bisa saya sampai kan tentang 3 Macam Tes Kerja Yang Sering di Lakukan Perusahaan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian semua yang mau menghadapinya. jangan sungkan bertanya bila ada yang ingin ditanyakan melalui Kolom Komentar yang ada di bawah. saya siap mmbantu dan menjawab. Salam Sukses untuk Para Pencaker.

2 komentar

Banyak bgt ya tesnya sukses ya

Iyaa gan.. hampir semua perusahaan, seperti ini.


EmoticonEmoticon